Kapal Labuan Bajo: Daya Tarik, Cara Menyewa, dan Biaya Sewanya

13 Mar 24

Sebagai salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di Indonesia, Labuan Bajo memiliki berbagai pesona dan daya tarik yang membuat para wisatawan bisa menikmati liburannya dengan senang hati. Salah satunya adalah dengan menyewa kapal Labuan Bajo yang sangat populer.

Kapal Labuan Bajo adalah salah satu penunjang keseruan para wisatawan yang datang ke sana. Semua orang bisa menikmati keindahan pantai, laut, dan batuan pulau di Labuan Bajo dengan menyewa kapal Labuan Bajo. 

Kapal-kapal tersebut bisa disewa oleh siapa saja. Jika kamu ingin menikmati pesona Labuan Bajo dengan menggunakan kapal, maka artikel ini cocok untuk kamu. Berikut ini adalah artikel tentang kapal Labuan Bajo, apa saja daya tariknya, cara menyewa, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa kapal. Simak ulasannya sebagai berikut.

Jenis Kapal Labuan Bajo dan Harganya

Di Labuan Bajo, ada beberapa jenis kapal yang bisa disewa oleh wisatawan. Kapal itu memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa di antaranya adalah jenis kapal Yacht, Kapal Pinisi, Kapal Medium dan kapal open deck.

1. Kapal Yacht

Kapal Labuan Bajo pertama yang bisa disewa adalah kapal Yacht. Kapal ini sangat identik dengan hotel dan bahkan mendapatkan julukan sebagai hotel yang terapung. Kapal Yacht memiliki fasilitas, baik interior maupun eksterior yang sangat mewah dan berkelas.

Di Labuan Bajo memiliki berbagai ukuran kapal Yacht yang beragam. Mulai dari ukuran kecil hingga sedang. Kapal ini biasanya berkapasitas untuk 5 sampai 8 orang. Hal inilah yang membuat kapal Yacht sangat mewah karena ukuran kapal sedang dan dihuni oleh sedikit orang.

Adapun biaya sewa kapal Yacht yang harus dibayar oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan Labuan Bajo dengan kapal mewah ini adalah sekitar antara Rp150 sampai Rp250 juta untuk 3 hari trip.

2. Kapal Pinisi

Kapal Pinisi

Selanjutnya, kapal Labuan Bajo yang bisa disewa oleh wisatawan adalah Kapal Pinisi. Kapal inilah yang sangat populer di Labuan Bajo. Pasalnya, kapal Pinisi memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari Sulawesi Selatan. Kapal Pinisi sangat terkenal di dunia dan bahkan diakui oleh UNESCO.

Saat ini, kapal Pinisi pun dibuat sedemikian rupa agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan pariwisata. Kapal Pinisi memiliki bentuk yang sangat indah dan mirip seperti kapal-kapal Eropa zaman dulu.

Kapal Pinisi terbagi menjadi tiga jenis yaitu Pinisi Luxury, Pinisi, dan Semi Pinisi. Adapun harga yang harus dibayar bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan Kapal Pinisi adalah berkisar antara Rp17 juta sampai Rp75 juta.

3. Kapal Medium AC

Kapal Labuan Bajo yang bisa disewa untuk keperluan wisata adalah kapal medium AC. Kapal ini memiliki level berada di bawah kapal Pinisi dan jauh di bawah kapal Yacht. Meski levelnya berada di bawah kapal Pinisi dan Yacht, namun frekuensi penyewaan kapal medium AC justru adalah yang terbanyak di antara yang lain.

Adapun kapal medium AC yang bisa disewa wisatawan untuk menikmati keindahan alam di Labuan Bajo adalah berkisar antara Rp10 juta hingga Rp22 juta.

Cara Menyewa Kapal Labuan Bajo

Jika kamu berencana untuk menyewa kapal Labuan Bajo, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan ketika ingin menyewa kapal Labuan Bajo. Salah satunya adalah dengan menghubungi pihak yang menyediakan penyewaan kapal tersebut.

Kamu bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia dan mereka akan memberikan list berapa biaya hingga apa saja fasilitas kapal yang bisa kamu sewa. Beberapa website yang menyediakan sewa kapal Labuan Bajo adalah sebagai berikut:

  • floresholiday.com
  • sailingkomodo.com
  • inspiretravel.id
  • triplabuanbajo.com
  • bajocrewtour.com dan lain-lain

Daya Tarik Sewa Kapal Labuan Bajo

Kapal Labuan Bajo memiliki berbagai daya tarik yang dapat membuat para wisatawan menikmati hari liburnya. Berikut ini adalah daya tarik yang dapat dirasakan oleh wisatawan ketika menyewa kapal di Labuan Bajo.

1. Menikmati Keindahan Pulau Tropis

Kapal wisata di Labuan Bajo memberikan pengalaman yang unik untuk menjelajahi pulau-pulau tropis yang tersebar di sekitar Labuan Bajo. Kapal juga dapat berguna sebagai sarana transportasi, untuk berkunjung di pulau-pulau cantik seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. 

Dari kapal, kamu juga bisa melihat berbagai macam keindahan pulau-pulau tropis yang ada di Labuan Bajo. Pulau-pulau yang terdiri dari bebatuan dan perbukitan itu sangatlah cantik jika dinikmati dengan naik kapal.

2. Menikmati Sunset di Atas Kapal

Selanjutnya, daya tarik yang bisa kamu lakukan ketika menyewa kapal Labuan Bajo adalah menikmati sunset di atas kapal. Tidak ada yang bisa mengalahkan sensasi menikmati matahari terbenam di atas kapal di perairan Labuan Bajo. 

Ketika matahari mulai terbenam dan cahaya mulai berubah menjadi berwarna, saat itulah kamu akan merasakan ketenangan dan keindahan ketika melihat matahari tenggelam tersebut, terutama ketika dinikmati di atas kapal yang indah.Pengalaman ini akan menjadi momen yang tak terlupakan selama perjalananmu di Labuan Bajo.

3. Menghabiskan Malam di Kapal

Selanjutnya, daya tarik kapal Labuan Bajo adalah memiliki fasilitas kamar tidur yang memadai. Maka dari itu, kamu yang menyewa kapal bisa dengan nyaman menghabiskan malam di atas kapal dengan fasilitas yang sangat mewah.

Ini adalah kesempatan sempurna untuk merasakan kedamaian malam di tengah laut, sambil terbuai oleh suara ombak yang tenang dan angin malam yang menyegarkan. Dengan langit yang berlimpah bintang, bermalam di kapal akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Demikian adalah artikel tentang kapal Labuan Bajo, mulai dari jenis kapal yang bisa disewa, harga sewanya, hingga daya tarik bagi wisatawan ketika menyewa kapal Labuan Bajo. Dengan menghabiskan waktu di atas kapal, kamu akan merasakan kedamaian, keindahan, dan petualangan yang tak terlupakan di salah satu destinasi terbaik di Indonesia.

SHARE TO
Berpengalaman menulis di berbagai media online Indonesia. Mulai dari artikel populer, opini, hingga SEO. Aktif Menulis sejak tahun 2017 dan lulusan master di bidang Sejarah.
Berlangganan Newsletter Kami
Berlangganan Newsletter Kami
Subscribe Form
crossmenuchevron-down