12 Tempat Wisata di Labuan Bajo Terpopuler 2024

4 Mar 24

Hai Sobat Mawatu! Siapa yang tidak terpesona dengan pesona alam Labuan Bajo? Hari ini, kami akan membawa Anda mengintip 10 destinasi viral yang pasti membuat liburan Anda di Labuan Bajo tak terlupakan!

1. Bukit Cinta: Saksi Sunset Terbaik di Labuan Bajo

Bukit Cinta

Sebagai kota yang dikelilingi oleh laut, Labuan Bajo menawarkan beberapa titik terbaik untuk menyaksikan sunset, dan salah satunya adalah Bukit Cinta. Nikmati perjalanan pendek ke puncak bukit ini dan saksikan keajaiban Golden Sunset saat matahari tenggelam di balik cakrawala. Jadwal yang tepat adalah sekitar pukul 17.00 WITA, jadi pastikan Anda tiba di sana tepat waktu untuk dapat spot terbaik!

Alamat: Jl. Bukit Cinta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 24 Jam Biaya Masuk: Gratis

2. Puncak Amelia dan Puncak Sylvia: Sunset yang Mengesankan di Labuan Bajo

Puncak Amelia dan Puncak Sylvia

Jika Anda mencari pengalaman sunset yang lebih intim, jangan lewatkan Puncak Amelia dan Puncak Sylvia. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang tenang, keduanya adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Jangan lupa bawa kamera Anda untuk mengabadikan momen magis ini!

Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 24 Jam Biaya Masuk: Rp 30.000

3. Pantai Waecicu: Surga Pasir Putih di Utara Labuan Bajo

Pantai Waecicu

Dekat dengan AYANA Komodo Resort, Pantai Waecicu menawarkan pantai berpasir putih yang menakjubkan dan ombak yang tenang. Nikmati kesegaran angin laut sambil bersantai di tepi pantai, atau nikmati pemandangan kapal-kapal yang berlayar di kejauhan. Tempat yang sempurna untuk menutup hari setelah menjelajahi keajaiban Labuan Bajo!

Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 24 Jam Biaya Masuk: Mulai dari Rp 5.000

4. Goa Batu Cermin: Petualangan Magis di Dalam Gua

Gua Batu Cermin

Terletak hanya beberapa kilometer dari Labuan Bajo, Goa Batu Cermin adalah tujuan wisata yang menakjubkan. Nikmati fenomena cahaya yang memantul di dalam gua, menciptakan efek cermin yang mempesona. Dengan lokasi yang mudah diakses, goa ini adalah pilihan sempurna untuk petualangan singkat Anda di Labuan Bajo.

Alamat: Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 09.00 - 17.00 Biaya Masuk: Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, Rp 20.000 untuk wisatawan nusantara, dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara

5. Goa Rangko: Berenang di Bawah Cahaya Alami

Goa Rangko

Rasakan sensasi berenang di bawah cahaya alami di Goa Rangko. Dengan air yang jernih dan dingin, dan suasana gua yang misterius, tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Jangan lupa masukkan Goa Rangko dalam daftar kunjungan Anda di Labuan Bajo!

Alamat: Tanjung Boleng, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggata Timur Jam Buka: 06.30 - 18.00 Biaya Masuk: Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, Rp 20.000 untuk wisatawan nusantara, dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara

6. Puncak Waringin: Sunset yang Menggetarkan di Atas Kepulauan

Puncak Waringin

Jadikan Puncak Waringin sebagai destinasi terakhir Anda untuk menyaksikan sunset yang memukau di Labuan Bajo. Dengan pemandangan siluet gugusan kepulauan dan kapal-kapal, Anda akan terpesona oleh keindahan alam yang menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini!

Alamat: Jl. Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 24 jam Biaya Masuk: Mulai dari Rp3.000 (motor) & Rp5.000 (mobil)

7. Desa Wisata Loha: Petualangan Budaya di Labuan Bajo

Desa Wisata Loha

Jelajahi kekayaan budaya Labuan Bajo dengan mengunjungi Desa Wisata Loha. Dengan berbagai atraksi seperti Goa Nuka Waka dan Air Terjun Sunsa Namo, tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dan mendalam tentang kehidupan lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keajaiban budaya ini saat Anda berada di Labuan Bajo!

Alamat: Desa Wisata Loha, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00-16.00 Biaya masuk: Mulai dari Rp 5.000

8. Waterfront City Marina Labuan Bajo: Icon Baru Pariwisata Labuan Bajo

Waterfront City Marina Labuan Bajo

Dengan ikon monumen berbentuk penjuru mata angin, Waterfront City Marina Labuan Bajo adalah tempat yang wajib dikunjungi. Nikmati spot foto yang indah dengan latar laut lepas dan kapal-kapal wisata yang sedang berlabuh. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam di Labuan Bajo dari sudut pandang yang baru!

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: Setiap hari pukul 06.00-21.00 Biaya masuk: Mulai dari Rp 10.000

9. Pulau Padar: Surga Fotografi dengan Pesona Alam yang Unik

Pulau Padar

Pulau Padar, mungkin sudah menjadi legenda di dunia fotografi! Dengan bentuknya yang khas, Pulau Padar menawarkan panorama yang sangat ikonik dari puncak tertingginya. Saat Anda berada di sini, jangan lupa mengabadikan momen indah ini dengan kamera Anda!

Seperti Pulau Rinca, Pulau Padar juga memiliki padang rumput yang indah. Pada musim kemarau, padang rumput akan berubah menjadi kuning kering, menciptakan latar belakang yang dramatis di Pulau Padar. Sedangkan pada musim hujan, hijau segar akan menghiasi pemandangan. Jadi, pilihlah waktu kunjungan Anda dengan bijak!

Alamat: Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur Jam Buka: 24 Jam Biaya masuk: Mulai dari Rp 5.000

10. Pantai Pede: Tempat Rekreasi Terpopuler di Labuan Bajo

Pantai Pede

Pantai Pede adalah satu-satunya pantai di Labuan Bajo yang ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat dan wisatawan pada akhir pekan. Terletak di Jalan Raya Pantai Pede, pantai ini mudah diakses dan menjadi pilihan populer untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Meskipun tidak dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet atau tempat berteduh, Pantai Pede menawarkan pasir putih yang indah, air yang tenang, dan taman yang luas dengan pepohonan rindang. Pada hari-hari libur, Anda akan menemukan banyak pedagang lokal yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar pantai.

Selain itu, Pantai Pede sering menjadi lokasi acara-acara wisata seperti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keseruan di Pantai Pede saat berkunjung ke Labuan Bajo!

Alamat: Jl. Pantai Pede, Labuan Bajo, Flores Jam Buka: Setiap hari jam 06.00 - 18.00 Biaya masuk: Gratis

11. Kampung Ujung : Wisata Alam & Kuliner Dalam Satu Tempat!

kampung ujung labuan bajo

Jika ingin berwisata kuliner, maka Kampung Ujung adalah tempatnya. Terutama bagi wisatawan yang menyukai seafood. Pasalnya, Kampung Ujung Labuan Bajo terkenal akan kemampuannya memanjakan wisatawan dengan sensasi makan seafood langsung dari para nelayan dengan kondisi yang masih segar.

Selain wisata kulinernya, pantai Kampung Ujung juga mempunyai pasir yang sangat putih dan memanjakan mata. Ditambah lagi dengan air laut yang sangat jernih, jauh dari sampah-sampah yang mengganggu, serta pulau yang terdiri dari bukit juga tidak kalah indah untuk dinikmati.

Alamat: Kampung Ujung, Labuan Bajo Jam Buka:  Tidak ada keterangan perihal jam operasional yang berlaku di Kampung Ujung. Namun, beberapa sumber mengatakan jika area pantai di kampung tersebut hanya dibuka pada siang hari dan ditutup pada malam harinya. Biaya masuk: Gratis

12. Pulau Kanawa

Ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati keindahan alam yang menawan? Pulau Kanawa di Labuan Bajo adalah jawabannya! Pulau ini tak hanya menawarkan air laut yang jernih dan pasir putih yang memikat, tapi juga suasana sepi yang cocok untuk bersantai dan menikmati momen-momen berharga.

Pulau Kanawa memiliki lokasi yang strategis, terletak di Kepulauan Komodo yang termasuk dalam Kabupaten Manggarai Barat. Akses ke pulau ini dapat ditempuh dengan menggunakan kapal dari Labuan Bajo. Anda dapat mengatur perjalanan dari Bandara Komodo atau dari pusat kota Labuan Bajo menuju dermaga setempat.

Alamat: Pulau Kanawa, Labuan Bajo Jam Buka:  Kapal-kapal umumnya berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Kanawa sekitar pukul 12.00 dan kembali dari pulau tersebut sekitar pukul 08.00 Biaya masuk: sekitar Rp 100.000 per rombongan

Jadi, itulah sebagian dari pesona yang menakjubkan yang ditawarkan Labuan Bajo, tempat yang tak pernah kehabisan spot petualangan. Dari keindahan alam yang memukau hingga atraksi budaya yang mengagumkan, setiap sudut kota ini memiliki cerita uniknya sendiri.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi semua keajaiban yang ditawarkan Labuan Bajo saat Anda berada di sini. Jadikan setiap momen di Labuan Bajo menjadi kenangan yang tak terlupakan, dan biarkan petualangan Anda berlanjut ke destinasi lain di Nusa Tenggara Timur yang menakjubkan. Yuk, rencanakan liburan Anda sekarang dan nikmati petualangan yang tak terlupakan di Labuan Bajo!

SHARE TO
Annisa adalah seorang penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.
Subscribe to Our Newsletter
Subscribe to our Newsletter
Subscribe Form
crossmenuchevron-down